<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d37849578\x26blogName\x3dVeritas+of+Islam\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://pasukanbadar.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_GB\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://pasukanbadar.blogspot.com/\x26vt\x3d3901965244543772544', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Sunday, December 24, 2006

Obat dari Rasisme

Ketika ia di Makkah, Al-Hajj Malik El-Shabazz ( Malcolm X) menulis suatu surat kepada asisten setia nya di Harlem... dari hatinya:

" Tidak pernah aku telah menyaksikan keramahtamahan yang tulus hati seperti dan semangat dari persaudaraan yang sebenar seperti adanya dipraktekkan oleh orang-orang dari semua warna dan ras di sini di tanah yang suci ini, rumah dari Ibrahim, Muhammad dan semua nabi dan rasul yang lain dari kitab suci itu. Karena minggu lalu, aku telah menjadi sepenuhnya terdiam dan terepesona oleh keluwesan yang aku lihat dengan teliti dari semua orang-orang dari semua warna.

" aku telah diberkati untuk mengunjungi kota suci Mekkah, aku sudah mengelilingi tujuh kali di sekitar Ka'bah, yang dibimbing oleh seorang mutawaf muda yang bernama Muhammad. Aku minum air dari sumur Zam Zam itu. aku berlari tujuh kali mondar-mandir antara bukit dari Al-Safa dan Al-Marwah. aku sudah berdoa di kota Mina, dan aku sudah berdoa di gunung Arafat.

" Ada sepuluh ribu peziarah, dari seluruh penjuru dunia. Mereka dari semua warna, dari dibermata biru dan berambut putih ke Afrika yang kulit hitam. Tetapi kita adalah semua mengambil bagian di upacara agama yang sama, mempertunjukkan suatu semangat dari persaudaraan dan kesatuan yang pengalaman ku di Amerika yang telah memimpin aku untuk tidak pernah bisa percaya bisa terwujud antara kulit putih dan tidak putih..

" Amerika perlu memahami Islam, sebab ini adalah satu agama yang menghapus dari masyarakatnya dari masalah ras. Sepanjang keseluruhan perjalanan ku di dunia Muslim, aku sudah berjumpa, berbicara dan bahkan makan dengan orang-orang yang di Amerika disebut warga kulit putih - tetapi sikap kulit putih telah dipindahkan dari pikiran mereka oleh agama Islam. aku belum pernah sebelumnya melihat persaudaraan tulus hati dan benar yang dipraktekkan oleh semua warna bersama-sama, dengan tak mengindahkan warna mereka.

" Anda mungkin dikejutkan oleh kata-kata ini berasal dari aku. Tetapi di ziarah ini, apa yang aku sudah lihat, dan alami, telah memaksa aku untuk menyusun kembali banyak dari pemikiranku sebelumnya pedang, dan untuk mengesampingkan sebagian dari kesimpulanku yang sebelumnya. Ini adalah bukan terlalu sulit untuk aku. Di samping hukuman organisasiku, aku adalah seorang laki-laki yang mencoba untuk menghadapi fakta, dan untuk menerima kenyataan dari hidup ketika pengalaman baru dan pengetahuan baru itu membentang. aku sudah selalu menjaga pikiran terbuka, yang penting untuk fleksibilitas yang harus berjalan bergandengan dengan berbagai bentuk kecerdasan untuk mencari kebenaran.

" Selama sebelas hari di dunia Muslim, aku sudah makan dari piring yang sama, minum dari gelas yang sama, dan tidur dengan permadani yang sama- selagi berdoa untuk yang sama Tuhan - dengan muslim yang memiliki mata paling biru dari yang biru, berambut paling pirang dari yang pirang, dan berkulit paling puitih dari yang putih, dan dari kata-kata, tindakan dan perbuatan dari muslim kulit putih, aku merasakan ketulusan yang sama dengan yang aku rasakan muslims yang berasal dari Afrika yang hitam dari Nigeria, Ghana dan Sudan.

" Kita adalah sungguh-sungguh adalah saudara yang sama - sebab kepercayaan mereka kepada satu Tuhan telah merubah kulit putih dari pikiran mereka, kulit putih dari perilaku dan kulit putih dari sikap mereka.

" aku bisa lihat dari ini yang barangkali jika orang Amerika yang putih bisa menerima keesaan Tuhan, kemudian barangkali, juga, mereka bisa menerima pada kenyataannya kesatuan dari manusia - dan berhenti untuk mengukur, menghalangi, dan merugikan orang lain karena perbedaan warna mereka.

" Dengan rasisme yang mewabah di Amerika seperti suatu kanker yang yang tak dapat disembuhkan, yang disebut hati kulit putih Kristen Amerika harus lebih mau menerima kepada suatu solusi yang telah terbukti terhadap masalah yang merusak seperti itu. Barangkali ini adalah waktunya untuk menyelamatkan Amerika dari bencana yang segera terjadi - yang sama pembinasaan yang ditimbulkan Jerman dengan rasisme yang secepatnya membinasakan diri mereka sendiri.

"Tiap-tiap jam di sini di tanah yang suci ini, telah membuka peluang aku untuk mempunyai pengertian rohani yang mendalam dan lebih besar ke dalam apa yang sedang terjadi di Amerika antara kulit hitam dan putih.. Negro Amerika tidak pernah dapat disalahkan kebencian rasial nya - ia hanya bereaksi terhadap empat ratus tahun dari rasisme yang dilakukan orang kulit putih Amerika itu. Tetapi ketika rasisme mempimpin Amerika kepada kehancuran, aku percaya, dari pengalaman yang aku punyai dengan mereka, bahwa orang kulit putih dari generasi yang lebih muda, di universitas dan perguruan tinggi, akan melihat peringatan ini dan banyak di antara mereka akan berbalik . ke alur yang rohani yang benar - satu-satunya cara meninggalkan ke Amerika untuk didorong untuk menghindari bencana rasisme tak bisa diacuhkan.

" Tidak pernah aku merasa sangat dihormati. Tidak pernah aku dibuat untuk merasakan lebih rendah dan tidak layak, siapa yang akan percaya berkat yang telah dihimpun keatas Negro Amerika? Beberapa malam yang lalu, laki-laki yang di Amerika adalah seorang orang yang putih, seorang diplomat Perserikatan Bangsa-Bangsa, seorang duta besar, seorang rekan dari para raja, memberi aku kamar hotelnya, tempat tidurnya. Tidak akan pernah aku berpikir untuk mempunyai mimpi bahwa aku menerima kehormatan seperti itu- kehormatan yang di Amerika akan dianugerahkan kepada raja - bukan pada Negro.

" Semua pujian adalah milik Allah, Tuhan bagi semua alam.

Al-Hajj Malik El-Shabazz" ( Malcolm X)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home